Menggunakan Western Union untuk Mengirim Uang


Western Union

Beberapa waktu yang lalu, saya melakukan transaksi melalui internet dengan sebuah perusahaan yang berdomisili di Amerika Serikat. Awalnya saya bingung bagaimana saya melakukan pembayarannya, sedangkan pada situsnya, mereka menyebutkan bahwa pembayaran dilakukan dengan menggunakan kartu kredit. La saya kan ndak punya kartu kredit, kecuali KTP yang juga bisa berfungsi sebagai kartu kredit alias jaminan kalo pas kehabisan duit dan harus ngutang.. :p

Saya kemudian menghubungi customer service-nya melalui email. Dengan bahasa Inggris ala Transtool yang acak kadut, saya mencoba bertanya apakah saya bisa melakukan pembayaran melalui Western Union. Kemudian keesokan harinya, email saya dijawab dan ternyata mereka juga menerima pembayaran melalui Western Union.

Western Union merupakan salah satu cara yang mudah dan cepat untuk mengirim atau menerima uang dari dan ke luar negeri. Mata uang yang dikirim pun bisa bervariasi. Bila mata uang yang kita kirimkan ternyata berbeda dengan mata uang negara tujuan, kita bisa dengan mudah melakukan konversi dengan menggunakan nilai tukar standar Western Union. Uang yang dikirimkan pun dapat diterima dengan segera, serta dapat dicairkan melalui berbagai bank atau agen Western Union di seluruh dunia.

Saya pun mengunjungi Bank Mandiri cabang UGM. Bank Mandiri merupakan salah satu bank yang bisa melakukan pengiriman uang menggunakan Western Union. Rencana saya, saya akan melakukan pembayaran senilai US$ 17 dengan langsung men-debet dari rekening saya. Saya pun mengkalkulasi kira-kira rekening saya akan berkurang Rp. 170.000,00 dengan asumsi terburuk bahwa US$ 1 = Rp. 10.000,00.

Setelah menunggu antrian untuk berurusan dengan CSO Bank Mandiri, saya pun dilayani oleh Pak Irfan. Pak Irfan melayani dan membantu saya dalam melakukan hasrat saya. Hus! Jangan mikir ngeres loh! [-X

Untuk mengirimkan uang, kita harus mengisi formulir yang disediakan. Formulir ini berisi form-form yang harus diisi, tetapi yang paling penting adalah kolom nama dan alamat penerima uang dan pengirim uang. Selebihnya, biarkan petugas yang mengisi.

formulir pengiriman uang Bank Mandiri - Western Union

Saat mengirim uang, kita akan dikenai biaya pengiriman uang. Besarnya biaya ini bervariasi, tegantung dari jumlah uang yang dikirimkan. Nilai yang akan saya kirimkan adalah US$ 17 yang bila dirupiahkan dengan kurs Western Union adalah Rp. 157.064,00. Untuk nilai ini, biayanya adalah Rp. 112.500,00. :-o

Ternyata biaya kirimnya hampir 2 kali lipat biaya yang akan saya kirim! Ini adalah resikonya mengirim uang dalam jumlah kecil. :-< Tapi ya bagaimana lagi, karena saya memang butuh, ya transaksi ini saya lanjutkan. Wis, ra popo lah. Itung-itung pengalaman. :D

Berarti jumlah duit yang harus saya bayar adalah Rp. 157.064,00 ditambah biaya kirim Rp. 112.500,00 yaitu Rp. 269.564,00. Duit ini akan langsung di-debet dari rekening saya.

Selain mengisi forumlir pengiriman uang, jika kita akan melakukan debet langsung dari rekening, maka kita juga harus mengisi formulir pengambilan. Jangan lupa juga siapkan buku tabungan dan identitas diri (KTP) serta kartu ATM untuk verifikasi penarikan.

formulir penarikan rekening Bank Mandiri

Setelah itu, kita akan mendapatkan 3 buah form, yaitu form pengiriman uang dari bank, form bukti transaksi dari Western Union, dan form penarikan rekening jika kita melakukan debet dari rekening kita.

formulir bukti transaksi Western Union

Yang perlu kita perhatikan dari transaksi ini adalah nama pengirim, alamat pengirim, nomer telepon pengirim, jumlah yang dikirimkan, dan yang paling penting adalah MTCN (Money Transfer Control Number). Data-data ini perlu kita informasikan kepada pihak yang kita kirimi duit.

Selesai sudah proses pengiriman uang. Sekarang tinggal kita memberitahukan kepada pihak penerima bahwa kita telah melakukan pengiriman dengan melampirkan data-data yang diperlukan di atas sehingga pihak penerima bisa segera memproses transaksi kita.