Mobil hemat / irit bahan bakar

Bahan bakar yang boros seringkali menjadi masalah. Bukan cuma urusan kantong bolong, tetapi juga soal pemanasan global.

Perlombaan mobil ramah lingkungan dan hemat bahan bakar terus berlangsung. Mulai mobil kecil, mobil hibrida, hingga mobil listrik yang tidak menghasilkan polusi sama sekali alias nol emisi.

Lembaga pengkajian mobil, Super Cars, belum lama ini merilis mobil-mobil paling irit bahan bakar sedunia, tidak termasuk kendaraan listrik. Berikut urutannya:

1. Toyota Prius
Toyota telah menghadirkan mobil hybrid andalan, Toyota Prius. Mobil ini sangat irit karena bisa mencapai 48 mil per galon pada jalanan kota dan 45 mil per galon pada jalan bebas hambatan. Satu mil setara dengan 1,609 kilometer dan satu galon setara dengan 3,78 liter.

Menggunakan mesin 1,5 liter, 16-Valve VVT-i 4 silinder, mampu menghasilkan 110 tenaga kuda. Kecepatan 0-100 km per jam hanya ditempuh dalam 9,8 detik. Sedan ini juga cukup lega, mampu menampung lima orang. Prius juga telah beredar di Indonesia, namun masih sepi peminat.

2. Honda City HybridHarga di India (INR) Rupee

Honda Civic HybridMenggunakan mesin 1,3 liter, 8-Valve, SOHC, i-VTEC 4 silinder, Honda City Hybrid hanya membutuhkan bahan bakar bahan sedikit. City Hybrid mampu berjalan 40 mil per galon pada jalanan kota dan 45 mil pada jalan bebas hambatan.

Meski irit bahan bakar, City Hybrid mampu melesat 0-100 km per jam hanya dalam hitungan 11,3 detik. Tentunya ini karena disokong mesin bertenaga 110 hp. Sedan ini juga mampu menampung lima penumpang.


3. Smart for Two
Keiritan mobil dua kursi ini tak perlu diragukan. Satu galon bahan bakar bisa mendorong Smart for Two hingga 33 mil di jalanan kota, dan 41 mil di jalan tol. Keiritan mobil yang banyak dipakai di Eropa ini, karena mesin kecil, menggunakan 1,0 liter 3 silinder dan hanya mampu menghasilkan tenaga 70 hp.


4. Volkswagen Jetta TDI
Mampu berjalan sejauh 29 mil di jalanan kota dan 40 mil di jalan tol dengan bahan bakar satu galon, dialah Jetta TDI. Menggunakan mesin diesel 2.0 liter, 4 silinder, Jetta TDI mempu menghasilkan 140 tenaga kuda.



Nissan Altima Hybrid5. Nissan Altima Hybrid
Nissan Altima Hybrid memiliki mesin gas 2.5 liter, 4-silinder, mobil ini bisa berjalan 35 mil di kota dan 33 mil di jalan ton dengan menggunakan bahan bakar satu galon. Mesin itu bisa menghasilkan 158 tenaga kuda. (sj)