Proporsi Tubuh Kita

Tiroksin memiliki sebuah sifat lagi, yakni, bekerja bahu-membahu dengan hormon pertumbuhan. Kedua molekul ini bekerjasama dengan selaras untuk mencapai tujuan bersama. Hanya ada satu penjelasan atas hal ini: keduanya diciptakan untuk tugas bersama ini.
Jika Anda mengingat dari halaman-halaman sebelumnya bahwa hormon pertumbuhanlah molekul yang memerintahkan sel-sel pada seorang anak dalam masa pertumbuhan untuk tumbuh dan menggandakan diri. Hormon ini merangsang sel-sel agar berkembang baik ukuran maupun jumlah. Namun, ada rincian lain yang sangat penting yang harus direncanakan - kecepatan pembelahan sel. Tiroksin mempengaruhi kecepatan pembelahan sel selama masa pertumbuhan, memastikan tubuh berkembang penuh.
Untuk memahami pentingnya tiroksin, kita hanya harus melihat ke cermin. Selama tidak bercacat bawaan, setiap manusia memiliki mulut, hidung, mata, wajah - pendeknya, seluruh tubuh manusia - berproporsi yang menyerupai orang lain. Tubuh berproporsi demikian karena fungsi sempurna hormon tiroksin yang Allah ciptakan. Jika Anda membaca kalimat-kalimat ini bertahun-tahun yang lalu sebagai anak muda dalam masa pertumbuhan, dan molekul tiroksin tidak masuk ke dalam setiap sel tubuh Anda dan menyampaikan berapa seharusnya kecepatan pembelahan, organ tubuh Anda akan berkembang tidak sesuai dengan ukurannya. Bahkan, boleh jadi kejiwaan Anda terganggu, sebagaimana dalam hal kretinisme sebagai akibat tidak mencukupinya pelepasan tiroksin tak lama setelah kelahiran. Tubuh manusia yang menderita keadaan seperti itu tak berproporsi tepat saat dewasa; secara umum mereka bertungkai sangat pendek dan bertengkorak besar. Selain itu, kekurangan tiroksin juga menyebabkan kekerdilan.15
Sebagian besar orang yang Anda temui dalam hidup sehari-hari (teman-teman sekolah, rekan sekerja, orang-orang di jalan, dan keluarga Anda) bertubuh yang dibentuk sempurna oleh Allah melalui dua molekul kecil - hormon pertumbuhan dan tiroksin. Hormon-hormon ini dilepaskan pada saat yang tepat dan dalam jumlah yang sesuai, memimpin trilyunan sel dengan aba-aba seperti berapa banyak dan cepat harus menggandakan diri. Jadi, tubuh sempurna manusia pun terbentuklah.
Susunan tiga dimensi hormon tiroksin.
Pada kebanyakan orang, jumlah molekul ini secara khusus diatur sehingga dihasilkan tidak dalam jumlah yang terlalu banyak maupun terlalu sedikit. Jika jumlah hormon yang dihasilkan terlalu berbeda dari satu orang ke orang lain, akan terjadi perbedaan fisik yang besar satu sama lain; jutaan manusia akan bertinggi badan sekitar 2,5 - 3 meter; jutaan lainnya tingginya satu meter atau kurang, setiap orang bertubuh dan susunan wajah yang tak serasi, dan hampir semuanya berjiwa terbelakang. Jutaan manusia akan mati di masa remaja.
Sekali lagi: penampakan luar dan sifat fisik manusia bergantung pada dua molekul kecil yang telah diciptakan Allah dengan sangat hebatnya - yaitu, hormon pertumbuhan dan tiroksin. Inilah salah satu bukti bagaimana Allah telah membentuk manusia berdasarkan keseimbangan yang teliti:
Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan yang) benar. Dia membentuk rupamu dan dibaguskanNya rupamu itu, dan hanya kepada Allah-lah kembali(mu). (QS At-Taghabun, 64: 3)

Di publikasikan oleh: eLX Elcideed SUMBER INFORMASI DAN TIPS
adalah Artikel yang di Publikasi:
Previous Next Home
Facebook Twitter feed Delicious Digg Favorites More