GTV GaneshaTV

GaneshaTV (disingkat GTV) adalah lembaga penyiaran komunitas mahasiswa Indonesia. GaneshaTV dibentuk pada tanggal 31 Agustus 1999 yang diprakarsai oleh sekelompok mahasiswa Institut Teknologi Bandung. GaneshaTV memulai siaran secara daring pada tahun 1999 dan merupakan pionir web TV di Indonesia.

Arahan program kerja GaneshaTV pada awalnya adalah untuk menjadi stasiun TV yang otonom. Namun melihat permintaan yang cukup besar dari dunia penyiaran TV, GaneshaTV mulai mempertajam fokus kompetensinya yaitu teknologi siaran dan program TV. Visi GaneshaTV salah satunya adalah membentuk Jaringan Penyiaran Kampus Indonesia atau Indonesian Campus Broadcasting Network (ICBN). Jaringan ICBN ini dimotori oleh alumni GaneshaTV yaitu Tomy Rusmansjah, Hadi Siswanto, Dian Ilien, dan Novena Ami Soetharyo.

Saat ini, GaneshaTV mempunyai media daring di http://ganeshatv.itb.ac.id setelah sebelumnya mencoba untuk siaran on-cable (tahun 2001) dan on-air (siaran analog terbatas di Bandung pada tahun 2003, sempat dihentikan karena protes dari Dirjen Postel). GaneshaTV pun telah menjadi proyek percontohan TV kampus dan didukung oleh Kementrian Ristek. Saat ini GaneshaTV sedang mengembangkan program-program TV yang inovatif dan mengembangkan ICBN dengan mengadakan acara Presenticcon yang bekerja sama dengan ICCON Media.