WNDR37AV Wireless Router for Video and Gaming

WNDR37AV Wireless Router for Video and Gaming Setelah IEEE menyetujui standard wireless 802.11n dari versi draftnya pada Sep 2009 lalu, beberapa dan hampir semua manufacturers berlomba untuk meluncurkan produk wireless barunya dengan mengusung standard wireless n 802.11n versi final ini. Sebut saja Linksys dengan E-Series nya, Belkin dengan versi barunya (Surf, Share, Play dan Max Play), TRENDnet dengan versi TEW-691GR 450 Mbps yang diclaim sebagai wireless router tercepat dikelasnya. NETGEAR juga me rilis produk barunya yang ditujukan kepada para gamer yaitu WNDR37-AV Wireless router for gaming and video.
Seperti halnya dengan kompetitornya, NETGEAR WNDR37-AV wireless router di design sebagai wireless router performa tinggi untuk keperluan gaming dan streaming video, Blu-ray players, HDTVs, dan TiVo®/DVRs.
NETGEAR WNDR37AV juga diusung dengan wireless –N dual-band baik 2.4 GHz ataupun 5 GHz frequency band untuk memberikan kepada anda dua kali bandwidth untuk koneksi yang lebih baik dan juga mengurangi interferensi. Dengan frequency band 5 GHz anda bisa secara halus melakukan streaming media High Definition dengan performa bebas mbrebet dan juga bebas tersendat-sendat untuk online gaming.
Untuk koneksi XBOX 360 ke jaringan wireless anda, pilihlah wireless XBOX adapter yang tepat dan buat koneksi ke jaringan wireless dari WNDR37-AV untuk mendapatkan performa jaringan video khusus pada salah satu jaringan (5GHz) dan berselancar internet pada jaringan band lainnya (2.4GHz).
Untuk koneksi kabel, anda bisa memanfaatkan 4 buah port Ethernet Gigabit untuk koneksi kabel langsung kepada komputer anda dengan NIC adapter gigabit (atau 10/100/1000), baik untuk transfer data pada aplikasi-aplikasi yang membutuhkan bandwidth yang sangat intensive, misal transfer data HD media, lagu, atau aplikasi video dan multiplayer gaming. Untuk koneksi ke Internet, tersedia satu port WAN dengan kecepatan Gigabit yang bisa anda hubungkan ke modem baik ADSL maupun Cable broadband.
WNDR37-AV ini juga support DLNA media server dengan tersedianya port USB dengan technology ReadySHARE yang memungkinkan anda melakukan streaming video dan music dari USB drive ke media player, DLNA TV, dan juga segala macam perangkat DLNA compliant – tanpa perlu computer. Digital Living Network Alliance (DLNA) adalah kolaborasi global dari 245 (bahkan sekarang lebih) brand produk kenamaan, yang semuanya bekerja bersama untuk menciptakan standard home entertainment environment.
Advanced Security Features
WNDR37AV Wireless Router for Video and Gaming menawarkan fitur security advanced untuk perlindungan jaringan private anda meliputi:
  • Untuk memberikan perlindungan koneksi wireless anda, WNDR37-AV mendukung enkripsi keamanan industry terkini yaitu Wi-Fi Protected Access® (WPA/WPA2—PSK) dan WEP (untuk legacy clients)
    • Proteksi dual-firewall (NAT & SPI) untuk memberikan perlingungan yang kuat kepada jaringan private anda
    • Perlindungan terhadap DoS (Denial-of-service) yang menghambat layanan system anda
    • Untuk memberikan pemisahan jaringan untuk Guests, router ini mendukung multiple SSID. Anda bisa membuat SSID khusus tamu tanpa harus mengganggu jaringan internal anda
    • Free – live parental control dengan setting yang bisa anda cuctomize dengan sangat fleksibel
    • Advanced Quality of Service (QoS) dan juga mendukung Wireless Multimedia (WMM) based QoS
Network Connection Diagram
Untuk membagi koneksi broadband internet anda, anda bisa menghubungkan port Ethernet WAN dengan menggunakan kabel jaringan UTP kepada port Ethernet dari modem anda baik ADSL maupun Cable seperti terlihat pada diagram jaringan berikut ini. Untuk mendapatkan performa yang optimum, anda bisa menggunakan adapter dengan basis wireless N juga, sebut saja WUSB610N dari Linksys, atau WNDA3100 dari NETGEAR atau lainnya.
WNDR37-AV Network diagram for gaming and streaming
Perbandingan dengan Linksys E-Series dan Belkin Max Play
Masing-masing Linksys, Belkin, dan NETGEAR serta lainnya saling berlomba menampilkan produk terbaik mereka dengan mengusung versi final dari 802.11n ini. Tabel berikut ini menunjukkan perbedaan utama dari ketiga produk andalan terbaru, Specs lainnya hampir sama.

WNDR37AV Linksys E-3000 Belkin Max Play
USB Port ReadySHARE USB port memungkinkan anda stream video dan music dari drive USB ke media player, DLNA TVs dengan built-in DLNA media server USB port sebagai sentra file sharing dengan built-in UPnP AV media server Printer Connect ke USB port, dengan Print Genie App
Antenna Internal antenna 6 Internal antenna dengan technology MIMO untuk rumah yang lebih luas jangkauannya Dual-plane antennas dan MIMO technology memberikan jangkauan tiga dimensi kepada seluruh jangkauan rumah dengan signal yang konesisten walau melewati tembok dan lantai
Other features Live Parental Controls dengan setting flter yang sangat flexible dan bisa di kustomized, keamanan Guest access dengan sekat keamanan Bisa membuat jaringan terpisah khusus tamu dengan password Membatasi akses berdasarkan waktu dan website dengan parental control TORRENT GENIE App memungkinkan anda tetap bisa download walaupun komputer anda sudah shutdown atau asleep. Daily DJ app, Music Mover, and Music Labeler
Dengan DLNA compliant, WNDR37AV Wireless Router for Video and Gaming dirancang khusus untuk standard DLNA masa depan dengan range produk yang luas. Bandingkan juga dengan versi englishnya Netgear WNDR3700 Wireless –n gigabit router. Versi English artikel ini bisa dilihat disini WNDR37-AV Netgear wireless router for gaming and video