Kerusakan Gambar SAMSUNG – POLYTRON Blangking



Terakhir saya memperbaiki TV merk Polytron adalah kerusakan protect. Beberapa hari kemarin saya menemui kerusakan klasik pada Televisi Polytron lagi, kerusakan TV kali  ini adalah gambar  blanking putih disertai TV mati / protect
Pada Saat di on kan TV timbul layar putih pada TV dan kemudian mati terprotek untuk menghindari kerusakan tabung, mungkin pada TV produksi lama kerusakan seperti ini tidak akan menimbulkan protect sehingga tidak boleh terlalu lama dalam menyalakannya.
Ternyata setelah dicek kerusakan ada pada penguat RGB, tegangan yang terukur di IC TDA 6107 sangat kecil sekali  <10V .Setelah ditelusuri ada satu resistor  1 ohm 1 watt putus, saya lupa kode lokasinya hehehe
Terbakar / putusnya IC ini disebabkan oleh shortnya IC TDA 6107, jadi penggantian IC dan resistor harus berbarengan
Saya juga dulu sering menemukan TV Samsung dengan kerusakan sejenis, kebetulan tipe IC penguat RGB nya pun sama yaitu TDA 6107 namun waktu itu umumnya hanya resistor 1 watt di bagian PCB CRT saja yang short  atau  dibagian diode zenernya saja, namun tetap disarankan untuk memastikan kerusakan anda harus mengecek terlebih dahulu kondisi  IC penguat RGB dengan cara mengukur resistansi pada masing masing pin IC.
61071 Kerusakan Gambar SAMSUNG – POLYTRON Blangking
IC TDA yang bagus bila diukur pada pin input RGB ( 1,2,3 ) dan pin out put RGB ( 7,8,9 ) serta pada pin 6 sebagai supply utama tidak boleh short, bila salah satu kaki saja ada yang short maka bisa dipastikan IC tersebut rusak.Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat pada gambar.
Kerusakan blangking seperti ini juga tidak hanya bisa disebabkan oleh rangkaian pada PCB CRT tetapi juga bisa disebabkan oleh kerusakan tabung,  untuk memastikan tabung masih berfungsi baik silahkan lihat artikelnya disini.
Demikian postingan kali ini semoga bermanfaat rmonika .

Sumber : www.infoservicetv.com